Mengenal apa itu ukm, hingga tips dalam mengembangkannya – Perekonomian dari suatu negara akan sangat bergantung pada usaha yang dilakukan oleh warganya. Beberapa pengusaha pun memulainya dengan modal kecil atau menengah. Dengan adanya bantuan dari pemerintah, usaha UKM ini bisa berkembang dengan pesat.

Usaha mandiri yang bisa diupayakan oleh pengusaha UKM adalah memilih jenis usaha yang populer dengan strategi pengembangan yang jitu. Untuk lebih memahami apa itu UKM, silahkan Anda simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian dari UKM

UKM merupakan jenis bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah serta bukan jenis anak perusahaan atau cabang dari perusahaan mana pun. Selain itu, UKM merupakan usaha kecil yang memiliki pemasukan dibawah 300 juta rupiah dengan jumlah pekerjanya sendiri dibawah 20 orang.

Sementara untuk usaha menengahnya, memiliki pemasukan dibawah 500 juta rupiah dengan jumlah orang karyawan dibawah 30 orang.

Contoh UKM

Setelah Anda mengenal apa itu UKM, sekarang Anda bisa mulai mempelajari UKM dari beberapa contohnya berikut ini. Dari mulai usaha rumahan hingga ke bisnis kulak, UKM ini bisa berkembang dengan melihat potensinya dari produk yang Anda jual, meskipun usaha tersebut dimulai dengan modal yang kecil.

UKM Kuliner

Bisnis di bidang kuliner ini memiliki pasar yang sangat besar dan bisa Anda mulai dengan modal yang kecil. Pilihan untuk menjalani bisnis UKM di bidang makanan ini memiliki peluang yang sangat besar.

Hal ini dikarenakan variasi dari makanan yang cukup beragam. Usaha ini bisa Anda mulai dengan menitipkan produk Anda pada toko lain, atau bisa juga berjualan secara online. Semua hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan modal yang Anda miliki serta kemampuan dari SDM-nya.

UKM Fashion

Apa itu UKM merupakan suatu usaha yang bisa Anda lakukan secara perorangan atau dengan segelintir orang saja. Menjalankan usaha atau bisnis di bidang fashion ini bisa Anda mulai bahkan tanpa memiliki modal sedikitpun.

Caranya adalah dengan menjualkan produk atau menjadi seorang reseller. Ini merupakan salah satu jenis UKM yang bisa Anda lakukan dengan benar-benar bermodal dari nol atau tanpa modal sama sekali.

Tips Mengembangkan UKM

Ada berbagai upaya atau cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar dan mengembangkan bisnis UKM Anda tersebut. Berikut ini akan diberikan penjelasan singkat terkait dengan bagaimana tips untuk mengembangkan bisnis UKM.

Promosi

Kesuksesan dari usaha UKM ini akan bergantung pada keefektifan dari kegiatan promosi yang dilakukan. Untuk biaya yang sudah dikeluarkan sebagai bagian dari proses pengenalan produk pun diharapkan bisa mendatangkan calon pembeli.

Untuk itu, sebaiknya Anda manfaatkan jalur promosi secara online maupun offline agar produk Anda tersebut bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Kenali Kompetitor

Pengertian dari apa itu UKM menurut Keppres nomor 99 Tahun 1998 merupakan usaha kecil yang perlu dilindungi untuk mencegah adanya persaingan yang tidak sehat didalamnya. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui siapa kompetitor Anda dan apa kelebihannya, sehingga Anda bisa lebih berinovasi untuk bisa lebih baik dari sang kompetitor.

Perluas Jaringan

Usaha UKM ini bisa semakin besar jika Anda membuka peluang cabang atau franchise. Pengusaha bisa menggandeng investor dan para peminat yang memang ingin melakukan sebuah kolaborasi serta kerja sama dengan usahamu tersebut.

Peningkatan Sumber Daya

Pada dasarnya, pengertian dari apa itu UKM merupakan usaha kecil menengah yang berawal dari sebuah usaha kecil. Jika Anda ingin usaha tersebut berkembang, maka diperlukan sebuah mindset untuk melakukan beragam inovasi.

Pengembangan atas produk, usaha, dan perekrutan sumber daya manusia yang ahli merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan sumber dayanya.

Optimalkan Layanan Konsumen

Selain selalu berusaha untuk memperluas pasar, mempertahankan pembeli yang loyal merupakan salah satu cara untuk mengembangkan UKM. Mempertahankan hubungan baik dengan konsumen merupakan layanan konsumen yang akan mengembangkan UKM Anda menjadi besar dan berkelanjutan.

Sebaiknya, sebelum memulai usaha awali terlebih dahulu untuk memahami apa itu UKM untuk dapat mengembangkannya dengan peluang dan dukungan pemerintah yang sudah disediakan. Tiap usaha pun harus mempersiapkan modal, produk, dan strategi pemasaran yang detail.

Published On: July 12th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang