Mau Buka Usaha? Simak Kiat-Kiat Berikut Ini! – Menjadi seorang pengusaha dan memiliki usaha sendiri memang merupakan hal yang menyenangkan. Karena ketika menjadi pengusaha Anda lah yang memegang kendali penuh terhadap usaha tersebut dan tidak ada orang yang akan mengatur-atur apa yang harus Anda lakukan.

Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan apabila Anda ingin memiliki usaha Anda sendiri. Hal utama yang harus Anda pahami dengan baik adalah bagaimana cara membaca peluang pasar dan bagaimana cara melakukan pemasaran dari produk Anda tersebut. Hal lain Anda bisa mempelajarinya sambil menjalankan usaha namun dua hal ini harus sudah dimiliki ketika akan mendirikan usaha mandiri.

Selain mempersiapkan banyak hal ketika akan buka usaha Anda juga akan menemui berbagai rintangan yang siap menghadang perjalanan Anda. Maka dari itu mulai sekarang Anda harus menguatkan tekad pada diri Anda dan meningkatkan keyakinan serta kepercayaan diri. Sebagai bekal untuk menghadapi semua rintangan Anda bisa menyimak beberapa tips dan trik berikut ini agar Anda bisa menyikapi setiap keadaan dengan benar.

Mengenali Pesaing Produk

Menciptakan produk yang benar-benar baru dan sebelumnya tidak ada di pasaran merupakan hal yang sangat sulit. karena kemajuan teknologi saat ini hampir tidak mungkin bagi orang awam untuk menemukan hal yang baru. Maka pilihan terakhirnya adalah menginovasi produk yang sudah ada dan menjadikan produk yang sudah ada tersebut menjadi produk baru dengan menggabungkan manfaat dari produk itu.

Bukan tidak mungkin orang lain juga akan berpikiran seperti Anda dan bahkan orang tersebut sudah buka usaha sebelum Anda sempat merealisasikan ide itu. Untuk menyikapi ini yang perlu Anda lakukan adalah mengenali calon pesaing Anda dengan baik. Carilah celah atau kelemahan dari produk tersebut dan tutup kelemahan tersebut dengan produk Anda. Nah, dengan kelebihan ini Anda bisa menarik pembeli untuk lebih memilih produk Anda.

Rencana Bisnis yang Memandang ke Depan

Sebelum produk Anda luncurkan di pasaran Anda harus memastikan bahwa kualitas dari produk tersebut memang benar-benar bagus dan tidak mengecewakan. Karena kalau tidak maka Anda bisa saja rugi besar akibat produk tidak laku di pasaran sedangkan Anda sudah memiliki banyak stok.

Untuk menghindari hal tidak menyenangkan ini maka sebelum buka usaha lakukan percobaan terlebih dahulu terhadap produknya. Anda bisa meminta teman Anda untuk melakukan percobaan terhadap produknya dan feedback dari hasil percobaan tersebut. Setelah mendapatkan kepastian bahwa produk memang bisa digunakan dengan baik dan kualitas yang dimiliki bagus barulah Anda memunculkan klaim terhadap produk.

Siapkan Strategi Pemasaran ala Anda

Terjualnya sebuah produk tidak akan lepas dari peran pemasaran yang tersusun dengan baik. Bahkan ada orang yang mengatakan seburuk apapun produknya apabila memiliki strategi pemasaran yang bagus maka produk tersebut akan laku saja di pasaran. Hal ini bukan berarti Anda harus mengabaikan kualitas produk dan berfokus terhadap pemasaran saja.

Kebanyakan pelaku usaha yang hanya mengunggulkan strategi pemasarannya dan tidak menjaga kualitas produknya pada akhirnya akan sepi pembeli. Hal ini diakibatkan setelah pembeli mendapatkan produk mereka akan kecewa karena produk yang tidak sesuai dengan klaim pemilik usaha dan kualitasnya pun buruk. Anda tidak berniat untuk buka usaha dalam waktu yang singkat bukan?

Buatlah Standar Kerja

Fungsi utama dari standar kerja adalah memastikan bahwa untuk setiap produk atau jasa yang akan Anda jual kepada pembeli memiliki kualitas yang sama bagusnya. Standar kerja juga bisa membantu Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu terjadi ketika sedang menjalankan usaha baik itu untuk diri Anda sendiri maupun untuk karyawan Anda.

Demikianlah kiat-kiat yang bisa Anda terapkan ketika prosesi buka usaha Anda mengalami permasalahan atau bisa juga Anda menerapkannya sejak sekarang. Yang terpenting Anda tidak mudah menyerah dan tergesa-gesa saat mengambil keputusan maka usaha Anda akan berjalan semestinya. Dari semua ulasan diatas apakah ada diantaranya yang sudah Anda pikirkan sebelumnya atau malah sudah Anda terapkan?

Published On: July 12th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang