Tips Sukses Ekspor Berdasarkan Hasil Penelitian – Kegiatan ekspor memang menguntungkan bagi perkembangan sebuah usaha untuk memasarkan sebuah produk. Adanya perdagangan bebas ini membuat pemilik usaha berkesempatan untuk melakukan kegiatan ekspor serta mudah menggunakan teknologi dari luar untuk dapa digunakan mempermudah proses produksi.

Produk-produk yang masuk ke dalam negeri memang cukup mengjadi hambatan bagi produk dalam negeri untuk berkembang namun itu terbayarkan dengan kegiatan ekspor yang dapat dilakukan. Kegiatan ekspor ini bisa digunakan untuk membantu produk lokal dapat dikenal dan berkembang di negara tertentu.

Berdasarkan data yang telah terkumpul terdapat kurang lebih 271 UMKM yang telah berhasil menembus pasar ekspor dan ada sekitar 226 UMKM yang belum melakukan kegiatan ekspor berdasarkan hasil penelitian. Hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa UMKM yang belum melakukan ekspor ini tidak ingin melakukannya.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai pijakan dan tips untuk UMKM  agar dapat melakukan kegiatan ekspor untuk mengembangkan bisnis dan usaha yang telah dilakukannya.

Perkaya Pengalaman dan Skala Usaha

Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, memperkaya pengalaman dalam berwirausaha mampu meningkatkan kegiatan ekspor karena telah memiliki bekal, selain itu skala usaha pun juga turut serta meningkatkan ekspor, yang mana dilihat dari berapa jumlah penghasilan dan jumlah karyawan yang dipekerjakan.

Pelaku UMKM yang memiliki pengalaman lebih lama tentunya akan lebih matang dalam menjalani usaha yang memungkinan mempunyai modal dan berkesempatan mendapatkan biaya yang lebih besar.  Skala usaha pun berperan dalam kegiatan ekspor ini karena memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengembangkan dan memenuhi persyaratan pembeli.

Memiliki Pengalaman Kerja Internasional

Seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja pada tingkat internasional tentunya akan lebih siap dalam menjalani kegiatan ekspor berdasarkan hasil penelitian. Seperti halnya pengusaha tersebut pernah bekerja sama atau bekerja di luar negeri, atau memang bekerja pada perusahaan ekspor.

Hal ini dikarenakan pelaku usaha yang memiliki pengalaman kerja di luar negeri ini pastinya memiliki pengetahuan yang lebih baik bagi negara ekspor mulai dari regulasi, praktik kerja, dan juga bahasa. Tidak jarang pula ada kontak yang bisa dilakukan untuk menjalin bisnis.

Memberikan Pelayanan yang Baik Secara Optimal

Pada kegiatan ekspor barang ini tentu ada beberapa kebijakan dari pemerintah yang akan mempengaruhi proses ekspor. Nah, untuk mengatasi hal ini seperti kebijakan yang terkadang bisa menjadi hambatan bagi eksportir, maka pemilik usaha haruslah memahami dengan benar kebijakan ekspor berdasarkan hasil penelitian yang akan dilakukan. Dengan begitu bisa meminimalisir dan mengoptimalkan pelayanan yang diberikan pada partner kerja ekspor.

Mengetahui Pangsa Pasar

Peningkatan kegiatan ekspor ini salah satunya dikarenakan adanya pengetahuan yang baik mengenai  pangsa pasar. Dengan pangsa pasar ini tentu pemilik usaha tahu produk apa yang diminati dan yang diinginkan dari Indonesia. Sehingga kegiatan ekspor ini bisa sebagai pemenuhan kebutuhan yang diinginkan oleh negara yang dituju.

Mengantisipasi Hambatan

Berikutnya para pemilik usaha haruslah mampu mengatasi hambatan yang bisa merugikan kegiatan ekspornya. Ketika menjalankan sebuah bisnis pasti terdapat hambatan yang bisa menghalangi kelancaran sebuah bisnis. Apalagi dalam hal kegiatan ekspor produk tentu akan ada beberapa hal yang menghalangi Anda dan bisa timbul sebagai pemicu masalah. Namun, seorang pembisnis harus memiliki solusi dan tahan banting akan sebuah hambatan ekspor berdasarkan hasil penelitian.

Perbanyak Mengikuti Seminar untuk Perkaya Pengetahuan

Ilmu memang bisa didapatkan dari mana saja. Tidak jarang pula terdapat seminar yang diberikan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para pemilik usaha untuk bisa menjalankan sebuah bisnis usaha dengan baik. Kegiatan seminar ini bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis, serta bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan pengetahuan mengenai ekspor produk ke luar negeri.

Menjalin Komunikasi yang Baik

Dalam kegiatan jual-beli tentunya komunikasi ini penting sekali untuk diperhatikan. Bisnis ekspor pun tidak lepas dari komunikasi dengan berbagai pihak untuk emnjalin kerja sama dalam kegiatan ekspor barang. Anda harus bisa menjaga komunikasi dengan baik agar dapat meningkatkan produksi ekspor ke berbagai pihak melalui komunikasi untuk sistem lobying.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyukseskan kegiatan ekspor bagi para eksportir. Melakukan ekspor akan membuat produk semakin berkembang. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk emngembangkan bisnis Anda melalui proses ekspor.

Published On: July 13th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang