Pahami Tata Cara Impor Barang yang Benar dan Tepat – Kebutuhan manusia dari hari ke hari semakin banyak saja dan terkadang tidak bisa mencari apa yang dibutuhkan di pasar dalam negeri. Banyak sekali ditemukan di pasaran barang produksi luar negeri dengan harga yang terjangkau dan unik-unik barangnya. Dibalik kemunculan barang ini di pasar dalam negeri tidak lepas dari peran para importir.

Importir akan memesan barang-barang dari luar negeri yang tidak ada atau belum di produksi di dalam negeri dengan harga terjangkau dan menjualnya kembali. Tentu harga yang dijual sudah termasuk biaya masuknya barang ke dalam negeri dan untung untuk para importir. Anda mungkin merasa bahwa bisnis seperti ini sangat menjanjikan dan mudah dilakukan karena tidak perlu produksi dan lainnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi importir maka Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Apabila modal sudah terkumpul maka langkah selanjutnya Anda harus mencari tahu kebutuhan pasar bidikan Anda. Hal ini penting karena menentukan tingi rendahnya peluang penjualan Anda nantinya. Barang yang diminati pasar akan lebih cepat terjual dibanding Anda sekedar impor barang yang menurut Anda murah.

Berikutnya setelah modal terkumpul dan Anda mengetahui apa yang harus dibeli maka Anda harus tahu dulu barang-barang tersebut cara memesannya bagaimana bukan? Sebagai pemula yang belum punya pengalaman sama sekali maka sudah pasti Anda belum tahu tata caranya. Maka Anda bisa menyimak ulasan mengenai tata caranya berikut ini.

Langkah Pertama, Tentukan Harga Barang dan Sistem Dagang

Pada langkah ini adalah mekanisme umum ketika Anda ingin membeli impor barang. Anda harus memastikan harga barang yang akan Anda beli kepada pemasok karena tentu harga barang eceran dan grosir itu berbeda. Setelah itu Anda harus menentukan sistem dagang yang akan Anda gunakan. Sistem dagang ini meliputi mekanisme pembayaran, layanan pengiriman, dan pengambilan barang impor.

Langkah Kedua, Tentukan Proses Pengiriman Barang

Nah, dilangkah pertama Ada sudah menentukan layanan pengiriman apa yang akan Anda gunakan untuk mengirim barang Anda dari pemasok ke dalam negeri. Di langkah ini lebih kepada detail dari pengiriman itu agar tidak terjadi kesalahan proses pengiriman barang atau bahkan sampai salah alamat. Karena di pengiriman tentu ada banyak sekali pilihan proses pelayanan yang berbeda-beda.

Langkah Ketiga, Pilih Asuransi Barang

Anda harus memastikan bahwa semua barang yang Anda beli dilindungi oleh asuransi yang jelas. Pembelian barang impor jelas sangat diluar kendali Anda secara langsung dan tentu ada banyak sekali hal tidak terduga yang tidak diinginkan terjadi. Maka asuransi ini memberikan Anda jaminan kegiatan impor barang Anda aman dan barangnya sesuai pesanan serta apabila ada barang yang rusak Anda bisa mendapat ganti rugi.

Langkah Keempat, Pahami Aturan Masuk Barang

Barang produksi luar negeri akan dikenakan sejumlah pajak ketika memasuki dalam negeri. Dan jumlah pajak yang dikenakan akan berbeda tergantung pada jenis barang yang Anda pesan dan ketentuan yang berlaku saat itu. Anda harus mempelajarinya dengan baik agar bisa menyiapkan uang untuk membayar pajaknya dan bisa tahu ketika pajak yang dikenakan tidak tepat.

Langkah Kelima, Urusi Izin Impor

Setelah memastikan urusan ekspor dari negara dimana Anda membeli barang selesai dan Anda sudah menerima dokumen ekspornya maka langkah selanjutnya adalah mengurusi perizinan impor barang. Perizinan ini sebaiknya sudah selesai diurus ketika barang Anda belum sampai.

Langkah Keenam, Urusi Penerimaan Barang

Ketika barang Anda sudah sampai di dalam negeri maka Anda harus segera membayarkan pajak dari barang impor tersebut. Barulah Anda bisa melakukan pemeriksaan terhadap barang pesanan Anda meliputi kelengkapan pesanan hingga ada tidaknya barang yang rusak. Catat dengan baik apabila ada yang kurang atau rusak kemudian laporkan pada pihak asuransi.

Itulah langkah-langkah yang harus Anda tempuh apabila Anda ingin impor barang dari luar negeri. Setelah mengetahui proses panjang impor apakah Anda masih tertarik untuk menjadi importir?

Published On: July 13th, 2021 / Categories: Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang