Mempersiapkan Kemasan (Packaging) untuk Memenuhi Standar Ekspor-Memproduksi sebuah barang yang akan diproses jual belikan baik itu dalam lingkup kecil maupun lingkup besar guna memperoleh keuntungan pada pendapatan, untuk anda yang mempunyai produk sendiri dan melakukan proses pengemasan perlu mengetahui bahwa bentuk kemasan pada sebuah produk juga memiliki nilai tinggi yang bisa mempengaruhi tingkat produksi dan penjualan.

Nilai sebuah produk pada konsumen selain terdapat pada kualitas barang juga terdapat pada seberapa bagus proses pengemasannya, penilaian pada kemasan memberikan daya tarik yang tinggi pada konsumen, fokus konsumen saat melihat sebuah produk dimulai dari kemasannya seperti apa dan semenarik apa dimata konsumen sehingga bisa dikatakan bahwa niali pengemasan ini besar dan sangat berpengaruh pada tingkat produksi.

Perlu anda ketahui alasan mengapa kemasan pada produk sangat memengaruhi nilai jual pada produk karena terdapat beberapa fungsi pada barang ekspor yaitu memuat barang, melindungi barang, dan mempromosikan barang, ketiga fungsi tersebut adalah syarat yang harus dipenuhi bagi suatu barang ekspor agar barang tetap aman.

Dengan tingginya nilai dari konsumen terhadap kemasan maka ditetapkan standar pengemasan terhadap barang ekspor yang dibagi menjadi tiga aspek yaitu :

Kemasan Primer (Pertama)

Mengapa disebut sebagai kemasan pertama karena pada kemasan ini bersentuhan langsung dengan barang ekspor, kemasan ini perlu diperhatikan karena berkaitan langsung dengan standar regulasi untuk negara tujuan ekspor, saking pentingnya pada kemasan ini banyak yang memiliki permintaan langsung dari konsumen.

Kemasan Sekunder (Kedua)

Pada kemasan ini disebutkan berkaitan pada proses distribusi, kemasan ini banyak menyatukan pada kemasan primer yang berfungsi mengurangi tingkat resiko kerusakan pada barang ekspor pada saat penyimpanan, dalam transportasi dan juga distribusi. Biasanya terdapat permintaan khusus dari konsumen pada kemasan ini yaitu meminta agar dikemas menggunakan kayu, peti dan karung.

Kemasan Tersier (Ketiga)

Kemasan yang ketiga ini berkaitan dengan proses pengiriman pada ekspor kontainer, pada kemasan ini menyatukan antara satuan kemasan sekunder pada satu kesatuan palet dalam kontainer yang berfungsi untuk memudahkan proses pemindahan apabila banyak barang pada pengiriman ekspor.

Beberapa proses kemasan diatas merupakan standar yang harus dipenuhi pada setiap barang ekspor, dengan berbagai manfaat yang dapat membantu proses pengiriman barang agar bisa terjamin keamannya dan bisa sampai ke tujuan dan membuat konsumen merasa puas, sehingga dengan seperti itu bisa meningkatkan nilai barang serta penjualan terhadap konsumen.

Setelah proses pengemasan terdapat satu hal lagi yang penting dan juga diharuskan yaitu pelabelan, dengan adanya pelabelan pada kemasan maka bisa memberikan infomrasi terkait barang ekspor, sehingga sebaiknya diberikan pelabelan pada barang ekspor sebelum melakukan proses mengirim ke negara tujuan. Ada beberapa tandar yang terdapat pada proses pelabelan yaitu :

Standar Regulasi

Standar regulasi ini diarahkan ke negara tujuan dimana pelabelan wajib mengikuti regulasi yang berlaku  terhadap negara tujuan ekspor. Pada standar ini berbeda-beda setiap negara sehingga sangat penting untuk mencari tahu hal ini.

Standar Pembeli

Untuk pembeli/importir umumnya menginginkan terterapkannya standar pelabelan pada tiga aspek kemasan yaitu tingkat primer, sekunder dan tersier, secara umum pada ketiga tingkatan tersebut disebutkan mulai dari yang pertama kemudian kemasan yang mengangkut sejumlah kemasan primer, lalu kemasan yang melindungi barang ketika proses pengiriman ekspor.

Standar Pengiriman Ekspor

Pada standar ini tidak terdapat standar pelabelan yang bersifat wajib, tetapi tetap penting. Terdapat beberapa informasi penting pada pelabelan ini yaitu mengenai kandungan produk ekspor karena berguna bagi sebagian besar pihak yang lain seperti bea cukai.

Dari beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas termasuk mengani pelabelan maka sudah bisa memberikan informasi kepada anda yang ingin melakukan proses ekspor barang, anda tentunya sudah tau seperti apa standar yang terdapat pada pelabelan dan pengemasan, karena untuk kemasan bisa menjadi hal utama untuk barang ekspor terhadap konsumen. Dan tidak lupa pula dengan proses pelabelan yang juga penting untuk informasi terkait barang ekspor.

Published On: July 14th, 2021 / Categories: Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang