Mengenal pengertian ukm, jenis, dan contohnya – Bekerja memang suatu hal yang cukup melelahkan, terlebih jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan dengan gaji yang mungkin kurang sesuai. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang membuka usaha sampingan untuk bisa menambah pundi-pundi pemasukannya.

Salah satunya adalah dengan berniaga atau berdagang. Nah, ada banyak sekali istilah dalam berdagang yang perlu Anda ketahui, dan salah satunya adalah UKM. Apa itu UKM? Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari UKM.

Pengertian dari UKM

UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah. Namun, ada juga sebagian orang yang menyebutnya dengan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Untuk pengertiannya sendiri, UKM adalah sebuah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha milik perseorangan atau yang lebih sering disebut dengan Persero.

Pengertian UKM sendiri berbeda dengan perusahaan besar, dan hal ini bisa Anda lihat dari jumlah kekayaan bersih dari pemilik usaha sekaligus dari hasil tahunan aras usahanya tersebut. Untuk sumber penghasilan Indonesia sendiri sangat bergantung dari sektor UKM.

Kebanyakan, usaha kecil ini akan lebih terfokus pada sektor perdagangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, hingga peoduksi mineral non logam. Secara keseluruhan, sektor UKM sendiri telah menyumbang sekitar lebih dari 50 persen PDB, dan 10 persennya dari skspor.

Jenis UKM

Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2008 dikatakan bahwa UKM dibagi menjadi 3 jenis kelompok, yakni mikro, kecil, dan menengah. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci ketiga jenis kelompok tersebut.

UKM Mikro

Usaha mikro merupakan jenis usaha terkecil dalam UKM yang mana dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dengan kriteria memiliki kekayaan bersih maksimal adalah 50 juta rupiah diluar tanah dan bangunan, serta penjualan tahunannya tidak lebih dari 300 juta rupiah.

UKM Kecil

Pengertian UKM atau usaha kecil adalah jenis usaha yang mana didalamnya bisa dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari perusahaan menengah atau besar.

Kriteria dari usaha kecil ini adalah memiliki total kekayaan antara 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Kekayaan ini diluar tanah dan bangunan dengan penjualan tahunan antara 300 juta rupiah hingga 2,5 milyar per tahunnya.

UKM Menengah

Usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dapat dimiliki oleh perorangan atau badan usaha. Namun, usaha ini bukanlah anak perusahaan atau perusahaan cabang dari perusahaan besar.

Kriteria dari usaha menengah ini adalah memiliki total kekayaan yang berkisar antara 500 juta rupiah hingga 10 milyar rupiah. Dimana total kekayaan ini diluar dari bangunan dan tanah, serta memiliki penjualan tahunan sebesar 50 milyar rupiah.

Contoh UKM

Setelah Anda mengetahui pengertian UKM, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah contoh-contoh dari UKM.

Untuk usaha kuliner merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan pokok manusia adalah makanan. Usaha kuliner sendiri dapat dikembangkan dengan menyesuaikan dengan tren yang ada dan tetap menjaga kualitas rasa, hingga pelayanan, dan strategi pemasaran yang baik.

Usaha fashion sendiri merupakan usaha yang juga tidak akan mati. Hal ini dikarenakan pakaian juga merupakan kebutuhan manusia. Tren dari fashion ini sendiri sering berubah tergantung dengan situasi saat itu.

Jenis usaha kecantikan ini merupakan salah satu jenis usaha paling populer dengan target pasarnya adalah wanita. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang banyak sekali wanita yang memghabiskan uangnya hanya untuk mempercantik diri. Salah satunya seperti salon yang tidak ada habisnya dikunjungi oleh pelanggan wanita. Terlebih lagi jika pelayanan yang para pelanggan dapatkan sangat memuaskan dan sesuai dengan keinginannya.

Usaha agribisnis juga sejalan dengan usaha kuliner, namun lebih kepada pemasok bahan makanannya. Memang, jenis usaha yang satu ini masih belum terlalu populer di kalangan anak muda jaman sekarang, dan masih didominasi oleh orang-orang dewasa.

Inilah pengertian UKM, jenis beserta contohnya yang bisa Anda pelajari dan jadikan sebagai informasi tambahan. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda, ya!

Published On: July 14th, 2021 / Categories: Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang