Memanfaatkan Perdagangan Bebas ASEAN – Sejak jaman dahulu perdagangan memang tidak pernah ada habisnya, sebab ini merupakan salah satu perputaran roda ekonomi. Semakin ke sini banyak sekali invoasi penjualan yang bisa kita lihat. Perdagangan yang dulunya dilakukan dengan mendatangi tempat tertentu untuk bisa melakukan jual-beli sekarang ini sudah bisa dilakukan sengan kecanggihan teknologi dengan memanfaatkan marketplace.

Perdagangan bebas memang memberikan kemudahan akses bagi konsmen untuk mendapakan barang yang ia cari. Tetapi di samping itu juga terdapat beberapa pemilik usaha yang merasa dirugikan dengan adanya perdagangan bebas. Memanfaatkan perdagangan bebas ini kiranya lebih cocok dibandingkan mengeluh-eluhkan kekurangan yang ada pada sistem perdagangan ini. Sebab mau tidak mau, perdagangan bebas ini sudah menjadi masanya sekarang ini.

Kegiatan ekspor dan impor ini menjadi khas dari adanya perdangan bebas, yang mana para pemilik usaha bisa bebas melakukan kegiatan jual beli dalam cakupan lingkungan pembeli yang lebih luas dibandingkan dengan berjualan di lingkungan sekitar. Perdagangan bebas ASEAN akan menguntungkan apabila pasar produk Anda bertambah luas.

Apa Itu Pasar Bebas?

Pasar bebas memiliki arti  kegiatan perdagangan yang tidak disertai dengan campur tangan pemerintah. Dalam artian pemerintah tidak dapat mendiskriminasi dan menghambat proses perdagangan baik ekspor maupun impor.

Adam smith mengatakan bahwa,   pasar bebas bisa membuat  masyarakat  melakukan kegiatan jual beli barang atau jasa sesuai dengan kesenangan mereka. Hal ini tidak bisa dibatasi bahkan oleh pemerintah sekalipun.

Pasar bebas ini membuka peluang pasar hingga pemasaran ke luar negeri atau yang biasa kita kenal dengan istilah ekspor, dan juga membuka peluang bagi barang yang masuk atau impor. Perdagangan ini melibatkan dua negara yang saling membuka peluang bagi para pemilik usaha untuk dapat memasarkan produknya perdagangan bebas ASEAN  tersebut. Dalam artian masyarakat punya kebebasan  penuh dalam melakukan perdagangan antar negara, tanpa hambatan dari pihak pemerintahan.

Apa Tujuan dari perdagangan Bebas?

Adanya perdagangan bebas ini dapat memberikan peluang bagi para pemilik usaha untuk dapat memberikan kesempatan agar dapat memperluas penjualan yang dilakukan. Berikut ini beberapa tujuan dari adanya perdagangan bebas.

Dengan adanya kebijakan tanpa adanya tindakan diskriminasi perdagangan luar negeri, maka pasar bebas memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

Dapat Meningkatkan Pendapatan Negara

Dalam penyelenggaraan perdagangan bebas ini mampu meningkatkan pendapatan negara. Semakin banyak usaha yang melakukan ekspor akan menambah devisa negara karena semua hal tersebut ada pajak yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, perdagangan bebas ASEAN selain bisa membuat pasar semakin meluas, hal ini bisa meningkatkan pendapatan negara.

Dapat Memperluas Pasar

Perdangan bebas yang dilakukan saat ini memiliki akses perjualan yang lebih terbuka  ke berbagai negara dan meluas kawasan konsumen. Adanya penjualan produk ke berbagai negara ini mampu membuka peluang yang lebih besar pada pasar produk yang sudah dilakukan ekspor tersebut.  Produk ataupun barang yang diekspor ini memiliki potensi besar untuk bisa lebih laku di negara tetangga.

Bagaimana Memanfaatkan Perdagangan Bebas?

Memanfaatkan  pasar bebas ini bisa dilakukan dengan menggunakan kesempatan untuk memerluas pemasaran produk. Hal yang menjadi tujuan dari perdagangan bebas bisa digunakan oleh para calon eksportir untuk memanfaatkan adanya perdagangan bebas ASEAN.

Memperluas pasar dengan melakukan kegiatan ekspor produk atau barang ini menjadi salah satu contoh nyata para perusahaan bisa memanfaatkan perdagangan bebas untuk memasarkan produknya pada penjuru dunia.  Dalam penerapan ini memang Indonesia tidak melakukannya secara menyeluruh pada semua komoditas. Karena komoditas yang penting ini digunakan untuk kehidupan masyarakat Indonesia.

Saat ini pun berbagai negara ASEAN ini membentuk suatu komunitas ASEAN FREE Trade Area untuk menciptakan perdagangan bebas dan meningkatkan daya saing dalam bidang ekonomi dalam wilayah regional.

Demikian informasi mengenai perdagangan bebas ASEAN yang mana dapat memberikan manfaat bagi perdagangan dunia. Pada perdagangan bebas ini para pelaku usaha bisa melakukan kegiatan jual beli serta produksi tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan sehingga bisa menentukan produk atau jasa yang mereka jual dan memperkaya perusahaan sendiri.

Published On: July 15th, 2021 / Categories: Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang