Langkah-langkah Persiapan Memulai Ekspor –  Peluang kegiatan ekspor ini semakin terbuka lebar dengan adanya perdagangan bebas yang masuk ke Indonesia.  Mengembangkan usaha melalui kegiatan ekspor ini pastinya sangat bagus bagi perkembangan sebuah bisnis dalam memasarkan produk. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan adanya hambatan bagi pemilik usaha untuk melakukan kegiatan penjualan ke luar negeri.

Pemerintah pun mendorong para pemilik usaha baik produk kerajinan ataupun makanan ini untuk melakukan penjualan hingga ke luar negeri. Bagi industri tradisional dalam penggunaan bahan-bahan lokal ini pun mampu membawa nama baik Indonesia dengan mengenalkan produk tradisional yang mencerminkan bahwa kekayaan alam Indonesia melimpah hingga menghasilkan produk-produk lokal yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi hingga diperjual belikan dalam cakupan yang luas melalui kegiatan ekspor.

Banyak sekali tahapan yang harus dilakukan oleh pemilik usaha agar usahanya dapat dipasarkan secara luas. Bagi Anda yang ingin usaha Anda semakin berkembang dengan baik hingga bisa dijual di negara tetangga, Anda bisa melakukan beberapa tahapan persiapan memulai ekspor berikut ini.

Melakukan Riset Pasar

Langkah ini tidak jauh berbeda dengan hal yang perlu dilakukan ketika hendak memulai pemasaran di lingkungan sekitar. Pastinya produk yang ramain di pasar ialah produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat ersebut. Melakukan riset pasar ini pun sangat penting sekali untuk dilakukan bagi pemilik usaha agar terkembangnya produk yang di ekspor nantinya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam riset pasar ini, Anda juga harus menimbang dan memilah produk yang diperbolehkan beredar di sana dan produk yang tidak diperbolehkan beredar. Meskipun di sana nantinya juga memiliki produk serupa, setidaknya produk yang Anda hasilkan ini mampu berdaya saing dan memiliki keunggulan lain yang menyebabkan orang tersebut mau memilih produk yang Anda jual.

Persiapan memulai ekspor Selain menyiapkan produk, Anda pun juga perlu mempelajari NTE pada negara terkait untuk membantu riset pasar Anda dengan menggunakan bantuan mesin pencarian google. Selama mempersiapkan NTE inim terdapat dua pilihan yakni apakah menentukan produk dulu ataukan menentukan NTE terlebih dahulu. Hasil riset ini akan memberikan gambaran bagi Anda perihal sesuatu yang diinginkan oleh negara tujuan. Sehingga membuat pemasaran produk Anda semakin bagus.

Kelengkapan Administrasi dan Dokumentasi Kegiatan Ekspor

Ketika produk sudah terpilih dan NTE sudah teranalisis dengan baik, selanjutnya Anda bisa mulai menyiapkan segala kelengkapan administrasi dan dokumentasi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan ekspor.

Pada kegiatan ekspor ini Anda pun juga memastikan sistem pembayaran, spesifikasi, harga barang, kualitas, dan lain sebagainya yang menunjang penjualan produk. Calon ekportir bisa menyiapkan barang-barang serta dokumen yang diperlukan untuk tujuan ekspor.

Kualitas dan harga produk

Kualitas dan harga produk ini un juga menjadi bagian penting bagi kesuksesan ekspor. Persiapan memulai ekspor dimulai dengan produk yang berkualitas tinggi tentunya akan menjadi sasaran yang bagus bagi calon konsumen. Di sini calon eksportir tentu di tuntut untuk memberikan produk dengan kualitas yang baik dan memenuhi strandar mutu dalam negara tersebut sehingga mampu berdaya saing.

Calon eksportir yang tidak mengedepankan kualitas dan mutu bisa mendapatkan penolakan dari negara terkait karena tidak sesuai dengan standart yang dimiliki oleh negara tersebut.  Selain itu, para calon eksportir pun juga harus mempertimbangkan harga yang ditawarkan pada produk mereka dengan harga yang kompetitif.

Menyiapkan Alat Promosi yang Menarik

Meskipun dari riset pasar dilihat memiliki peluang konsumen yang tinggi, promosi tetap harus dilakukan. Hal ini digunakan untuk dapat memperluas pemasaran. Misalnya produk tersebut laku di pasaran tentunya akan mulai dikenal oleh masyarakat, promosi ini dapat membantu perluasan pemasaran yang ada.

Alat promosi ini merupakan perangkat yang keberadaannya harus ada saat kegiatan pameran dagang berlangsung sehingga bisa terlihat. Biasanya alat promosi ini umumya berupa brosur, kartu nama, katalog, aaupun profil perusahaan.

Itulah beberapa hal yang diperlukan untuk memulai kegiatan ekspor barang. Beberapa langkah-langkah persiapan memulai ekspor di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk mempermudah kegiatan ekspor. Persiapan produk dan pembeli sangat penting dalam proses ekspor ini.

Published On: July 15th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang