Yogyakarta – Pada pekan ketiga tahun 2024 ini PT Busanaremaja Agracipta (PT BRA) melakukan ekspor barang hasil produksinya berupa pakaian dalam wanita ke Amerika Serikat (USA). Sebagai salah satu penerima fasilitas kepabeanan atas eksportasi tersebut dilakukan pengawasan dan pelayanan oleh petugas Bea Cukai Yogyakarta. Pemuatan barang ekspor dilakukan di pabrik PT BRA yang berlokasi di Tirtomartani, Kalasan, Kab. Sleman pada Rabu (17/01).

Barang yang diekspor merupakan pakaian dalam wanita sejumlah lebih dari 36 ribu buah yang memiliki nilai USD 139.631,05 atau setara dengan 2,165 miliar rupiah. Pakaian dalam tersebut dikemas dalam 1958 karton dan dimuat menggunakan container 1×40 ft. Berdasarkan data Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), kontainer tersebut akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju pelabuhan di Savannah, Amerika Serikat.

PT BRA sendiri merupakan salah satu penerima fasilitas Kawasan Berikat. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, perusahaan mendapatkan fasilitas berupa penangguhan Bea Masuk, tidak dipungut PPN, PPnBM dan PPh pasal 22 impor sehingga menurunkan biaya produksi. Hal tersebut merupakan perwujudan tugas dan fungsi Bea Cukai yaitu Industrial Assistance dan Trade Facilitator.

Published On: February 6th, 2024 / Categories: Berita / Tags: , /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang