Perencanaan Ekspor Produk Makanan yang Efektif bagi UMKM – Mengembangkan usaha mikro menjadi usaha yang berpotensi menjadi produk yang bisa dijual ke manca negara sangat memungkinkan sekali pada era perdagangan bebas ini. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) ini membuka bimbingan bagi pemilik usaha kecil untuk dapat membuat produknya menjadi barang yang bisa dijual ke berberbagai negara dengan kegiatan ekspor.

Melihat peluang yang besar untuk mengembangkan UMKM menjadi produk yang mampu berdaya saing dikancah dunia ini tentu sangat sayang apabila dilewatkan. Hampir sekitar 50% industri UKMKM di Indonesia ini mengolah produk makanan dan minnuman. Namun hingga tahun 2018 ini, tidak ada satupun produk makanan yang berhasil melakukan kegiatan ekspor. Hal ini menujukkan kalau produksi makanan masih mengalami kegagalan dalam dunia ekspor.

Padahal sebagian besar usaha masyarakat Indonesia ini pada bidang makanan dan minuman. Nah, dalam merencanakan kegiatan ekspor terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melancarkan kegiatan ekspor terutama produk makanan. Hal ini didasarkan dari hasil riset dari para diaspora dan eskportir Indonesia yang bergerak di bidang usaha makanan. Inilah beberapa perencanaan ekspor produk makanan yang bisa dilakukan oleh UMKM untuk dapat melakukan ekspor.

Menyiapkan Produk Pilihan Ekspor

Menyiapkan produk pilihan yang akan diekspor ini menjadi hal yang utama. Pertama produk harus sesuai dengan strandar yang berlaku sehingga akan semakin besar kemungkinan produk tersebut dapat diterima. Kualitas yang sesuai dengan keinginan pasar tentunya akan bisa mudah diterima karena sudah sesua dengan standar yang telah ditentukan. Dalam hal ini pun Anda juga harus melihat kondisi eksternal dan juga kondisi internal yakni kondisi produksi.

Kondisi eksternal ini berkaitan dengan analisis pasar, hal ini juga patut dipertimbangkan karena produk harus sesuai dengan permintaan pasar agar dapat dipasarkan dengan baik. Selain itu kondisi pasar dan daya saing yang terdapat di sana pun harus menjadi pertimbangan yang matang sehingga bisa memberikan produk yang baik untuk diekspor nantinya dan bisa bersainig dengan produk lainnya yang serupa.

Tidak hanya itu tingkat produksi dan kualitas  ekspor produk makanan ini pun juga perlu diperhatikan, dengan melimpahnya jumlah produksi tentunya akan bisa juga meningkatkan daya saing di pasaran. Banyaknya produk makanan yang di produksi oleh Indonesia ini menjadi jumlah yang ergolong sangat besar di dunia sehingga tidak heran jika harus mampu berdaya saing.

Analisis Negara Tujuan

Tidak hanya berhenti pada tahap mendapatkan barang atau produk yang berkualitas, tetapi para calon ekportir juga harus mampu menganalisisi negara tujuan yang bisa menerima produk yang telah di produksi.

Mempelajari pasar ini menjadi salah satu PR besar bagi para produsen, karena harus menyesuaikan dengan apa yang diminati oleh pasar saat ini. Jika dalam bidang makanan haruslah sesuai dengan cita rasa dan standar mutu yang ada pada negara-negara lain. Apabila selera dan cita rasa yang dihasilkan ini sesuai dengan standar mutu mereka tentunya akan semakin mudah untuk masuk dan melakukan ekspor.

Perhatikan Daya Saing Pasar

Produksi makanan dan minuman tentunya sudah sangat banyak sekali. Semakin banyaknya dan sangat ketatnya persaingan dalam dunia ekspor produk makanan ini ada hal yang perlu diperhatikan yakni  meliputi kinerja supply atau importir, kebergaman jenis produk, kualitas yang dihasilkan, dan juga harga ekspor serta harga ritel.

Selain kualitas, harga ini pun juga berperan penting bagi kesuksesan para eksportir. Anda harus bisa menentukan harga yang kompetitif, karena para importir pun akan memilih harga yang menguntungkan mereka dari pada harga yang mahal tetapi kualitas belum tentu terjamin.

Inilah yang menjadi alasan banyaknya usaha makanan dan minuman yang susah untuk menembus dunia ekspor. Karena banyaknya persaingan namun dengan rentang harga yang berbeda.  Karena masyarakat konsumtif memang sesnsitif sengan persoalan harga.

Demikian informasi singkat mengenai perencanaan ekspor produk makanan yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan kegiatan ekspor. Terdapat strategi bisnis yang harus dipelajari agar lebih memudahkan pelaku usaha untuk bisa melakukan ekspor produk. Salah satunya yang tidak kalah penting ialah pelaku usaha juga melakukan perencanaan ekspor.

Published On: July 13th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang