Beberapa Hal yang Wajib Anda Ketahui Saat sebelum Melaksanakan Ekspor Benda UMKM – Bisnis bisa dalam hal apa saja. Bila Anda mau melebarkan sayap bisnis Anda, tidak ada salahnya buat berupaya mengekspornya ke luar negeri.

Pasti, menjual benda ke luar negeri sedikit berbeda dengan menjual benda di dalam negara. Bila di dalam negara, hingga prosedurnya lebih gampang sebab tidak mengaitkan pihak dari luar negeri. Perihal ini berbeda bila Anda melaksanakan ekspor ke luar negeri.

Tidak hirau apakah modal Anda buat mengekspor benda merupakan pinjaman tunai lekas atau bukan, seluruh wajib cocok dengan ketentuan.

Berikut beberapa  perihal penting yang perlu diketahui oleh eksportir saat sebelum mengirim benda ke luar negeri sehingga tidak masuk dalam jenis melanggar atau tidak dikenai sanksi denda dari Pemerintah.

Paham Seluk Beluk Ekspor Barang UMKM

Kala Anda hendak mengekspor benda, hingga dapat dikatakan Anda merupakan owner atau orang yang dikuasakan oleh pihak tertentu buat melaksanakan ekspor benda tersebut. Oleh karena itu, siapa saja yang ikut serta dalam aktivitas ekspor, dia wajib mengerti dan paham tentang benda apa yang dia ekspor baik dari sisi tipe serta jumlah.

Dia pula wajib mengerti tentang deskripsi benda yang di ekspor. Nyatanya, Anda tidak hendak berani berperan sebagai eksportir kala Anda sendiri tidak ketahui benda apa yang hendak di ekspor.

Memberitahukan Benda Yang Di Ekspor Ke KPPBC

Bila Anda paham seluk beluk benda ekspornya, pasti gampang buat melaksanakan laporan atau memberitahukan ekspor barang UMKM cocok dengan informasi PEB atau Pemberitahuan Ekspor Benda.

Penyampaian PEB kepada KPPBC (Kantor Pengawasan serta Pelayanan Bea serta Cukai). Penyampaian PEB ini dapat berbentuk tulisan di atas suatu formulir atau secara manual dapat pula dengan informasi elektronik.

Bila dengan informasi elektronik, dapat dengan Pertukaran Informasi Elektronik (PDE) atau media penyimpan informasi elektronik semacam flash disk serta CD.

Menguasai Syarat Benda Ekspor

Tiap benda yang hendak diekspor, pastinya mempunyai syarat tertentu. Ada benda yang tercantum jenis benda dilarang, ada pula yang dibatasi. Jadi, tidak dan merta Anda mau mengekspor benda setelah itu langsung saja melaksanakan aktivitas ekspor.

Perlunya menguasai kriteria syarat benda yang hendak diekspor dapat menjamin kalau Anda tidak melanggar syarat hukum yang berkaitan dengan larangan atau pembatasan benda ekspor.

Menguasai Ekspor Barang UMKM Yang Dilarang

Tidak seluruh benda dapat dieskpor. Ada sebagian benda yang dilarang diekspor ke luar negeri dimana dilarang untuk perorangan, tubuh usaha atau siapapun dapat melaksanakan aktivitas ekspor buat sebagian benda yang dilarang semacam;

  • rotan mentah
  • bijih timah dan konsentratnya
  • kayu dalam wujud log
  • sisa dan skrap yang diambil dari besi tuang
  • bantal trem atau rel kereta api dari kayu
  • pasir silica atau kuarsa

Menguasai Benda Yang Dibatasi Buat Diekspor

Tidak hanya mengenali benda yang dilarang diekspor, eksportir pula wajib menguasai apakah benda yang hendak diekspor tercantum jenis benda yang dibatasi atau tidak. Bila barangnya masuk jenis ini, hingga di saat terjalin aktivitas eskpor wajib ada perizinan spesial yang didapatkan dari intansi yang berwenang.

Izin ini wajib terbuat saat sebelum mengajukan PEB. Bila perizinan ini tidak terbuat hingga PEB pula tidak dapat terbuat. Maksudnya, izin ini memastikan benda yang masuk jenis dibatasi dapat diekspor.

Menguasai Benda Bebas Ekspor

Benda leluasa ekspor maksudnya tidak tercantum dalam 2 jenis tadinya ialah dilarang serta dibatasi. Aktivitas ekspor benda ini cocok dengan prosedur wajar atau tidak ada izin spesial yang berkaitan.

Menguasai Adanya Pengenaan Bea Keluar Buat Sebagian Benda Eskpor

Ada sebagian benda yang tergolong dikenai bea keluar. Bea keluar ialah pungutan negeri cocok dengan UU kepabeanan. Tidak seluruh benda dapat dikenai bea keluar, cuma sebagian saja semacam;

  • Kulit (kulit mentah, kulit jangat, kulit disamak)
  • Biji Kakao
  • Kayu (kayu olahan, serpih kayu, veneer)
  • Kelapa sawit dan CPO beserta Produk Turunannya
  • Produk Mineral Hasil Pengolahan

Nah itulah beberapa penjelasan terkait beberapa hal penting terkait Ekspor Barang UMKM. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yah sobat.

Published On: July 13th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang