2 Faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor impor dalam perdagangan internasional  – Perusahaan memang banyak yang melakukan aktivitas penjualan barang keluar negeri dan kedalam negeri. Dengan adanya aktivitas ekspor dan impor ini, maka pemerintah pun bisa memperoleh pendapatan berupa devisa Negara yang semakin banyak dari aktivitas ekspor tersebut.

Ekspor sendiri merupakan suatu kegiatan dalam menjual atau mengirimkan barang dagangan ke luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan metode pembayaran internasional. Sementara untuk impor sendiri merupakan suatu kegiatan perdagangan yang dilakukan dengan cara memasukkan barang dari luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan metode pembayarannya adalah menggunakan valuta asing.

Dari sisi permintaan, ekspor sendiri akan dipengaruhi langsung oleh nilai ekspor, oleh nilai tukar, hingga kebijakan perdagangan luar negeri dari Negara yang melakukan kegiatan impor. Sementara jika dilihat dari sisi penawarannya, ekspor dipengaruhi oleh harga ekspor itu sendiri, harga domestic, nilai tukar, kapasitas produk, modal, hingga kebijakan dari Negara yang melakukan kegiatan ekspor.

Fungsi penawaran ekspor sendiri adalah jumlah barnag yang diekspor akan dipengaruhi oleh harga ekspor yang dibagi dengan harga domestic. Hal ini lebih dikenal dengan sebutan harga relative dan PDB domestic sebagai sebuah indeks kapasitas produksi dari suatu Negara.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kegiatan Ekspor dan Impor

berikut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor impor yang perlu Anda ketahui. Pertama adalah dimana selera dari konsumen terhadap suatu barang yang di produksi di dalam atau di luar negeri.

Factor selanjutnya yang bisa mempengaruhi kegiatan ekspor dan impor ini adalah harga dari suatu produk di dalam dan di luar negeri. Selain itu, kegiatan ekspor dan impor ini juga dipengaruhi oleh nilai tukar atau kurs yang mana akan menentukan jumlah dari mata uang domestic yang diperlukan untuk membeli sejumlah mata uang asing tersebut.

Factor lain yang turur mempengaruhi kegiatan ekspor dan impor adalah pendapatan konsumen di dalam maupun di luar negeri. Biaya untuk membawa barang dari suatu Negara masuk ke Negara lain juga menjadi factor lainnya.

Factor lain yang bisa mempengaruhi kegiatan eskpor impor ini adalah adanya kebijakan pemerintah terhadap perdagangan internasional. Selain itu, ada juga beberapa factor eksternal dan internal yang turut mempengaruhi kegiatan ekspor impor ini.

Factor Internal

faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor impor dari internal yang pertama adalah persiapan teknis yang dilakukan dari masing-masing perusahaan yang akan melakukan kegiata ekspor dan impor.

Selain itu, kemampuan dan pemahaman transaksi luar negeri pun harus dimiliki dengan baik. Tidak hany itu, pembiayaan pun turut andil dalam menjadi faktor kegiatan ekpor dan impor ini. Kurang sempurnanya dalam mempersiapkan barang sekaligus kebijakan dari pemerintah dalam pelaksanaan ekspor impor juga menjadi salah satu faktor pengaruh.

Faktor Eksternal

Selain dari faktor internal, ada juga faktor eksternal yang bisa mempengaruhi kegiatan ekspor dan impor ini, diantaranya adalah kepercayaan antara pihak eksportir dengan pihak importer, system kuota sekaligus hubungan perdagangan yang dilakukan antar Negara ekspor impor.

Adanya hubungan dan keterlibatan dalam organisasi internasional juga ikut menjadi salah satu faktor pendukung kegiatan ekspot impor ini. Terakhir, adanya kekurangan atas pemahaman akan tersedianya kemudahan internasional juga menjadi faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor impor.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa kegiatan ekspor dan impor ini merupakan suatu kegiatan perdagangan yang dilakukan antar Negara. Dimana kegiatan ini pada umumnya akan berkaitan dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional sendiri bisa terjadi karena adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing Negara. Hal ini bisa saja terjadi karena bentang alam yang berbeda sekaligus juga dengan sumber daya alam yang dimiliki.

Kegiatan ekspor impor ini juga pada umumnya akan dilakukan oleh Negara-negara yang menganut system ekonomi terbuka. Hal ini dikarenakan dengan adanya system ekonomi terbuka ini maka masyarakat luar negeri pun bisa terlibat dalam kegiatan perekonomian tersebut.

Pemerintah pun juga akan ikut mengawasi berjalannya kegiatan ekspor dan impor ini. Dimana hal ini dilakukan oleh pemerintah guna agar produk dalam negeri juga bisa terlindungi dari serangan produk asing.

Dan inilah faktor yang mempengaruhi kegiatan ekpor impor yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi Anda.

Published On: July 13th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang