Pengertian ekspor impor: tujuan sekaligus manfaatnya – Kegiatan ekspor dan impor merupakan sebuah kegiatan yang memiliki peranan penting dalam suatu negara. Bahkan, kegaiatan ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi pada suatu negara.

Pengertian ekspor sendiri merupakan suatu kegiatan menjual produk atau jasa ke luar negeri. Sementara kegiatan impor sendiri merupakan kegiatan membeli suatu barang atau produk dari luar negeri.

Pengertian Ekspor

Ekspor merupakan suatu aktivitas untuk mengeluarkan suatu barang dari daerah yang berasal dari negara Indonesia dan terdiri dari wilayah darat, udara, laut, dan seluruh daerah yang ada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif atau yang sering disebut dengan ZEE.

Jika dapat disederhanakan, pengertian ekspor impor merupakan suatu aktivitas mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Namun, kegiatan ekpor ini tetap dilakukan dengan memenuhi standar aturan dan ketentuan yang berlaku.

Aktivitas ini pada umumnya dikerjakan oleh suatu negara dengan catatan jika negara tersebut memang mampu menghasilkan produk atau barang dalam jumlah yang cukup besar. Jika memang jumlah produk dalam suatu negara ternyata sudah terpenuhi, maka produk tersebut bisa dikirimkan ke negara yang belum tidak bisa memproduksi produk tersebut.

Selain itu, bisa juga dikarenakan jumlah produksinya tidak bisa memenuhi kebutuhan dari masyarakat negara tujuannya.

Tujuan dan Manfaat Ekspor

Tujuan dan manfaat pertama dari ekspor adalah untuk menumbuhkan industri dalam negeri. Dimana ekspor merupakan suatu aktivitas perdagangan dalam ruang lingkup internasional yang dilakukan untuk memberikan sebuah rangsangan atas suatu permintaan dari dalam negeri. Dengan begitu, maka hadirlah industri-industri yang jauh lebih besar.

Meningkatnya permintaan ekspor pada suatu barang tentunya akan berdampak secara langsung pada perkembangan industri dalam suatu negara tersebut. Selain itu, negara juga akan memiliki kemampuan untuk membiasakan diri bersaing dalam pasar internasional.

Tujuan dan manfaat kedua dari pengerian ekspor impor adalah dapat mengendalikan harga produk. Ketika suatu produk mampu diproduksi dengan mudah, maka produk dalam negeri tersebut pun pasti memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu, negara harus melakukan ekspor untuk bisa mengendalikan harga di pasaran.

Aktivitas ekspor yang dilakukan ini juga akan meningkatkan perkembangan ekonomi pada suatu negara. Dengan begitu, maka dari kegiatan ekspor ini bisa menumbuhkan adanya investasi dari negara tersebut, memperluas pasar domestiknya, hingga meningkatkan devisa dari negara tersebut.

Pengertian Impor

Pengertian ekspor impor merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau barang dari daerah asal atau membeli produk dari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Ativitas pengiriman barang impor yang dilakukan dalam skala besar ini tentunya akan membutuhkan proses pendampingan oleh pihak bea cukai. Dimana pemerintah pun akan menetapkan tarif pada setiap produk impor yang masuk ke masing-masing importirnya.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan produk barang impor memiliki harga yang lebih mahal, dikarenakan didalamnya telah dibebankan juga biaya pajak yang harus dibayarkan oleh pihak konsumen.

Namun, ternyata tidak semua produk boleh masuk ke sebuah negara sebagai barang impor. Pihak dari direktorat bea cukai sendiri tentunya memiliki peraturan untuk memperbolehkan dan melarang barang impor yang memiliki unsur melanggar ketentuan.

Tujuan dan Manfaat Impor

Pengertian ekspor impor ini merupakan salah satu bentuk dari komunikasi dan kerjasama yang dilakukan oleh setiap negara. Paling tidak, harus ada satu hal yang bisa membuat negara tersebut membangun hubungan baik dengan negara lain untuk memenuhi segala kebutuhan dalam negerinya, seperti halnya kegiatan ekonomi.

Sementara itu, tujuan dari adanya kegiatan impor ini adalah untuk meningkatkan neraca dalam mendapatkan barang tertentu yang mana jumlahnya sangatlah terbatas. Dengan begitu, adanya kegiatan impor ini  mampu mendukung kestabilan ekonomi negara secara tidak langsung.

Dan inilah pengertian ekspor impor yang perlu Anda ketahui. Pembahasan ini sangat penting untuk Anda pahami terlebih jika memang perusahaan Anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor.

Kegiatan ekspor impor ini harus dilakukan dengan perhitungan yang matang, agar setiap proseduralnya bisa Anda lewati dengan mudah dan lancar. Namun, jika Anda masih kesulitan dalam menghitung berapa pendanaan yang harus dan dibutuhkan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi yang sudah banyak tersedia. Semoga penjelasan ini bermanfaat, ya!

Published On: July 14th, 2021 / Categories: Artikel, Berita /

Segera Konsultasikan Bisnis atau Kendala yang Anda Hadapi Terkait Ekspor & Impor kepada tim JBSC.

Konsultasi Sekarang